Tugas 1 Mata Kuliah Metodologi Penelitian
Nama : Putri Galuh Kusumawardhani
NIM : 20060484033
Kelas : 2020A
PENGARUH GADGET TERHADAP MINAT OLAHRAGA DAN AKTIVITAS FISIK PADA REMAJA
Pengalaman pribadi : Pengaruh gadget terhadap minat olahraga dan aktivitas fisik yang saya alami secara pribadi adalah pengaruh yang positif. Menurut Derry (2014: 7) “Gadget merupakan sebuah perangkat atau instrument elektronik yang memiliki tujuan dan fungsi yang praktis untuk membantu pekerjaan manusia”. Dengan berkembangnya gadget akan berpengaruh terhadap sebagian besar remaja. Menurut King (2012) remaja merupakan perkembangan yang merupakan masa transisisi dari anak-anak menuju dewasa. Penggunaan gadget akan mempengaruhi minat olahraga bagi remaja, Menurut Giriwijoyo (2005: 30) mengatakan bahwa olahraga adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana yang dilakukan orang dengan sadar untuk meningkatkan kemampuan fungsionalnya. Karena dengan adanya gadget saya bisa mengakses lebih banyak informasi dan konten olahraga yang pada umumnya susah didapatkan di lingkungan saya. Dan saya bisa menambah ilmu dan wawasan yang luas terhadap berbagai informasi olahraga terbaru yang sedang beredar di internet.
1. Gadget menurut para ahli :
a. Menurut Garini dalam Rohman (2017: 27), “gadget sebagai perangkat alat elektronik kecil yang memiliki banyak fungsi”. Gadget (smartphone) memiliki banyak fungsi bagi penggunanya sehingga dinilai lebih memudahkan.
b. Menurut Manumpil, dkk (2015: 1) “Gadget merupakan suatu alat teknologi yang saat ini berkembang pesat yang memiliki fungsi khusus diantaranya smartphone, Iphone and Blackberry”.
2. Olahraga menurut para ahli :
a. Menurut Cholik Mutoir “Olahraga adalah suatu kegiatan fisik yang dilakukan secara sistematik untuk membantu perkembangan potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang”.
b. Menurut Suryanto Rukmono “Olahraga adalah suatu kegiatan melatih tubuh manusia agar lebih sehat dan kuat, baik jasmani dan rohani”.
Pengalaman narasumber : Menurut pengalaman narasumber yang saya amati, narasumber mendapatkan dampak yang positif dengan adanya gadget/internet terhadap olahraga serta aktivitas fisik narasumber. Narasumber menemukan berbagai macam olahraga yang menarik untuk dipelajari lebih dalam. Contohnya seperti bola voli, narasumber mulai menekuni olahraga bola voli setelah melihat salah satu pertandingan bola voli yang ada pada internet.
Berdasarkan jurnal :
1. Judul : PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK SELAMA COVID-19
Penulis : Novia Agustina, Anung Priambodo
Tahun : 2021
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada distribusi frekuensi intensitas penggunaan gadget oleh siswa mendapatkan skor tertinggi sebesar 29 dengan persentasenya 44,6% yang berada di kelas interval 18-21. Sedangkan untuk tingkat motivasi siswa juga mendapatkan skor tertinggi sebesar 29 dengan persentasenya 44,6% yang berada di kelas interval 22-24. Pada uji hipotesis peneliti menggunakan analisis pearson correlation, mendapatkan hasil bahwa terdapat hubungan yang positif antara penggunaan gadget dengan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,036 < 0,05. Koefisien korelasi yang didapatkan yaitu sebesar 0,261, artinya hubungan dari kedua variabel tersebut masuk ke dalam kategori rendah. Dengan demikian, penggunaan gadget memiliki pengaruh yang kecil terhadap motivasi belajar siswa.
2. Judul : PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP AKTIVITAS FISIK (Studi Pada SMP Negeri 02 Wlingi Kab. Blitar)
Penulis : Febi Ulfa Rimayanti
Tahun : 2017
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara pengunaan teknologi informasi terhadap aktivitas fisik siswa. Rata-rata penggunaan teknologi informasi sebesar 317,50 dengan standar deviasi sebesar 72,47 sedangkan nilai terendah 120 dan nilai tertinggi 480, untuk hasil rata- rata aktivitas fisik sebesar 5370,23 dengan standar deviasi 2460,87 sedangkan nilai terendah 1233,14 dan nilai tertinggi 16342. Hasil analisis koefisien korelasi gamma sebesar -0,153 dengan nilai signifikan 0,475 > 0,05, sedangkan hasil data koefisien determinasi dihasilkan pengaruh sebesar 2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan teknologi informasi dengan aktivitas fisik.
3. Judul : Literature Review Hubungan Penggunaan Gawai Terhadap Aktivitas Fisik Remaja.
Penulis : Vasha Pradana Efendi
Tahun : 2021
Hasil : Terdapat 4 hasil penelitian yang menyatakan adanya hubungan antara penggunaan gawai dengan tingkat aktivitas fisik siswa, dan 5 hasil penelitian lainnya menyatakan tidak. Hasil penelitian diatas menyatakan adanya faktor lain yang menyebabkan perubahan tingkatan aktivitas fisik para remaja. Beberapa faktor lain yang tercatat dalam penelitian yang telah diulas yaitu ketersediaan fasilitas olahraga, kontrol suasana hati, adanya dukungan dari orang tua, waktu tidur, tingkat konsumsi makanan cepat saji serta aktifitas fisik rutin baik mingguan maupun harian diluar jam sekolah.
4. Judul : Dampak Berita Olahraga di Media Massa (Internet) terhadap Sikap Siswa SMA pada Aktivitas Jasmani.
Penulis : Jajat
Tahun : 2020
Hasil : Berita olahraga di media massa (internet) dapat mempengaruhi sikap siswa SMA agar menjadi lebih positif terhadap aktivitas jasmani. Artinya siswa yang sering menonton dan membaca berita olahraga dan kesehatan di internet memiliki kecenderungan lebih besar untuk melakukan aktivitas jasmani. Terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap siswa SMA yang sering melihat dan membaca berita olahraga dan kesehatan di media massa (internet) dengan yang tidak. Siswa SMA yang sering membaca berita olahraga di media massa (internet), lebih memiliki sikap positif terhadap aktivitas jasmani.
5. Judul : PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP AKTIVITAS FISIK SISWA (Studi pada SMK Negeri 8 Surabaya Kelas X)
Penulis : Ahmad Effendi, Junaidi Budi Prihanto
Tahun : 2014
Hasil : Dari hasil penghitungan statistik dapat menyimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan teknologi informasi terhadap aktivitas fisik siswa.Karena pengujian data yang dilakukan menunjukkan bahwa r hitung lebih kecil dibanding r tabelrhitung (-.717) > rtabel (0,197).
DAFTAR PUSTAKA
Agustina, N., & Priambodo, A. (2021). Pengaruh penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa mengikuti pembelajaran pjok selama covid-19. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(01), 365-371.
Rimayanti, F. U. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP AKTIVITAS FISIK (Studi Pada SMP Negeri 02 Wlingi Kab. Blitar). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 5(3).
Efendi, V. P., & Widodo, A. (2021). Literature Review Hubungan Penggunaan Gawai Terhadap Aktivitas Fisik Remaja. Jurnal Kesehatan Olahraga, 9(04).
Jajat, J. (2020). Dampak Berita Olahraga di Media Massa (Internet) terhadap Sikap Siswa SMA pada Aktivitas Jasmani. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 44-53.
Effendi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan teknologi informasi terhadap aktivitas fisik siswa (studi pada smk negeri 8 surabaya kelas x). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2(3).
Comments
Post a Comment